Kabupaten Gorontalo– Dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) khususnya Prodi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) melaksanakan kegiatan Pelatihan Relawan Siaga Bencana dalam hal ini memberikan pelatihan Dasar Manajemen Bencana, Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Cara Mengevakuasi Korban Bencana kepada masyarakat Desa Molowahu, Kec. Tibawa Kab.Gorontalo,, Rabu (09/11/2022).

Adapun Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Angkatan 2019 didampingi oleh dosen pembimbing Ns. Pipin Yunus, S.Kep. Sedangkan peserta dalam pelatihan ini diikuti sebanyak 30 warga didelegasi dari tiap dusun.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana, dalam hal mengantisipasi bencana karena tantangan penanggulangan bencana yang dihadapi bangsa Indonesia akan terus terjadi di masa depan mengingat Indonesia berada di wilayah kawasan rawan bencana dan kondisi ini akan terus berulang di tengah pertumbuhan jumlah penduduk.

Untuk itu, Kepala Desa Molowahu Irwandi Ibrahim, S.Ap dalam sambutannya mengapresiasi bentuk pelatihan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa keperawatan UMGO.

“Pelatihan relawan ataupun kader siaga bencana ini merupakan kali pertama dilaksanakan di kabupaten gorontalo khususnya di desa molowahu. Pelatihan ini sangat penting, karena bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, baik dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat dalam penanggulangan bencana. Insyaallah dengan adanya Relawan Siaga Bencana ini dapat berkembang dan perlu diberdayakan dan dilibatkan dalam penanggulangan bencana.” jelas Irwandi.

Keberadaan relawan  juga dibutuhkan, mengingat penanggulangan bencana tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja melainkan perlu ada kolaborasi dalam penanggulangan bencana ditingkat desa, agar semakin meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sehingga para relawan mampu menjadi agen penanggulangan bencana untuk masyarakat di desa Molowahu.

“Saya sangat berharap seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti seluruh agenda pelatihan agar dapat meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan bencana pengendalian operasi dan mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemerintah dalam penanggulangan bencana,” harapnya.

Dalam acara pembukaan pelatihan yang juga dihadiri Camat Tibawa yang diwakili Kasie Kesos Bapak Rahman Menu, S.Ip, Kapolsek Tibawa IPDA Sucipto Amboy, S.H dan seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa. Irwandi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa Keperawatan UMGo dan Dosen Pendamping telah melaksanakan Pelatihan Relawan Siaga Bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *